Terdapatlah kumpulan masa dari elemen yang tidak berbentuk, Chaos. Elemen-elemen ini bergabung menjadi dua zat yang berbeda,yaknia dua dewa pertama yunani Uranus dan Ge. Uranus mempunyai unsur yang halus, mewakili cahaya dan udara dari langit. Sementara Ge, dewa yang mempunyai unsur kokoh dan datar mendukung kehidupan bumi. Uranus dewa langit, diyakini telah mempersatukan dirinya dalam sebuah pernikahan dengan Ge, dewa bumi. Kemudian lahirlah anak sulung mereka bernama Oceanus, dewa aliran laut, yang membuat air terus mengalir mengelilingi bumi. Anak Uranus dan Ge lainnya yaitu Ether, kreasi cemerlang yang mewakili lapisan udara yang jernih dan hanya bisa dihisap oleh kaum abadi, Aer (udara) yang berada paling dekat dengan Ge mewakili lapisan udara yang terdapat disekitar bumi digunakan untuk bernafas. Aer dan Ether dipisahkan oleh saudara mereka yaitu dewi Nephelae,yang berwujud dalam bentuk awan dan mengambang antara Aer dan Ether.

Hiduplah berdampingan dengan Uranus dan Ge, adalah dua dewa yang mempunyai kekuatan besar dan juga merupakan keturunan Chaos, yakni Erebus (Kegelapan) dan Nyx (Malam) yang sangat kontras seperti cahaya terang langit dan senyum cerah bumi. Erebus berkuasa di dunia bawah yang misterius dimana tidak ada sinar matahari dan tidak ada sedikitpun sorotan cahaya. Sedangkan Nyx adalah adik peremupuan Erebus, mewakili malam dan dipuja dengan sangat khidmat oleh para leluhur.
Uranus juga bersatu dengan Nyx dalam kapasitasnya sebagai dewa cahaya, yang kemudian lahirlah Eos (sang fajar), Hemera (sang siang hari).

Uranus dan Ge juga menghasilkan anak dengan dua ras yang berbeda yakni Raksasa (Giant) dan Titan. Ada 3 raksasa yakni Briareus, Cottus, dan Gyges yang masing-masing memiliki seratus kepada dan lima puluh tangan dan dikenal dengan nama Hecatoncheires, beratus tangan. Para Titan sendiri memiliki 12 orang anak yani Oceanus, Ceos, Crios, Hyperion, Lapertus, Cronus, Theia, Rhea, Themis, Mnemosyne, Phoebe, dan Tehys. Uranus sangat benci dengan keturunan Raksasa, yang kasar dan mudah marah, yang sering menghasilkan gempa bumi. Dia takut kekuatan mereka yang besar akan menyakiti diri mereka sendiri. Karena itu, para raksasa dilemparkan ke dalam Tartarus, dunia bagian bawah yang digunakan sebagai penjara bawah tanah para dewa. Untuk membalas Uranus, Raksasa menghasut Ge, dan Titans untuk melawan Uranus, yang berhasil melukai ayahnya adalah Cronus yang membuat darah Uranus jatuh ke bumi dan muncullah ras makhluk yang disebut juga dengan Raksasa. Kemudian berhasillah Para Titan lainnya dan Cronus menggulingkan tahta ayahnya. Uranus pun marah, dan mengutuk Cronus yang akan memiliki nasib yang sama di masa yang akan datang. Cronus memiliki kekuasaan tertinggi dan dihormati oleh saudara-saudaranya, dan saat posisi sudah aman, ia tidak lagi membutuhkan pelayanan saudara nya dan pelayanan mereka dibalas dengan pengkhianatan, maka terciptalah perang saudara. Cronus berhasil mengalahkan mereka dan mengirimkan mereka ke dalam dunia dunia terdalam Tartarus

0 komentar: